Winterfalls, Band Metal Tapi Ngantor asal Surabaya

Seperti halnya manusia biasa pada umumnya, kehidupan selalu membawa kita ke arah yang lebih jauh lagi. Jika awalnya kita nge-band buat seneng-seneng aja, lama-lama ada kehidupan baru yang membuat cinta kepada hobi dan musik bisa memudar. Malah, ada juga yang memilih menyerah dan menjadi manusia biasa seutuhnya yang mesti berurusan dengan pekerjaan dan keluarga. Namun, untuk band metal asal Surabaya bernama Winterfalls, kehidupan sebagai manusia gak menghalangi mereka untuk berkarya.

Justru mereka menjadikan band ini sebagai wadah untuk menyuarakan keresahan serta isi hati yang gak bisa mereka ungkap di kehidupan nyata. Gimana caranya bisa menyeimbangkan ngeband dan ngantor? Well, inilah obrolan mimin bareng band yang baru aja merilis lagu baru ini!

Winterfalls ini band full time atau kalian anggap sebagai hobi?


Winter Falls adalah sebuah band yang kami dirikan sebagai proyek penuh waktu dan hobi bersama. Kami percaya bahwa musik adalah sesuatu yang bisa menyatu dengan rutinitas sehari-hari kami. Bagaimana pun juga, kami berusaha meluangkan waktu, entah itu hanya satu jam atau 30 menit, untuk berkumpul dan bermain musik. Hasilnya, kami bisa terus mengembangkan band ini secara konsisten.

Sebagai orang yang punya kerjaan full time, gimana caranya jalanin nge-band dan kerjaan tanpa bentrok?

Sebagai individu dengan pekerjaan penuh waktu, menjalankan band memang tidak selalu mudah. Namun, dengan niat dan usaha, kami berhasil menemukan keseimbangan. Meluangkan waktu sejenak untuk bermain musik bisa menjadi pelarian yang menyegarkan dari rutinitas pekerjaan. Kami yakin, jika ada kemauan, pasti ada jalan. Setiap minggu kami pasti menyempatkan untuk bertemu dan mengulik materi baru.

Ada rencana untuk bawa Winterfalls jadi band yang lebih serius dengan touring dan main di luar kota gak?


Tentu saja, kami memiliki mimpi besar untuk Winter Falls. Kami berencana untuk membawa band ini lebih serius dengan melakukan touring dan tampil di luar kota. Namun, kami juga realistis dengan situasi masing-masing anggota band yang memiliki pekerjaan dan tanggung jawab. Winter Falls tetap menjadi wadah bagi kami untuk berkreasi dan merasa hidup di tengah kesibukan yang kadang bikin kita merasa butuh penyaluran energi dan unek-unek.

Gimana perkembangan skena Surabaya menurut kalian?


Kami melihat perkembangan skena musik di Surabaya sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Kualitas band-band di sini cukup baik dan individu-individunya memiliki bakat yang luar biasa. Namun, masih ada ruang untuk lebih berkembang lagi. Kami percaya, dengan semakin luasnya variasi jenis musik yang ditawarkan, skena musik di Surabaya akan semakin beragam dan menarik.

Kenapa tetep mainin post-hardcore, padahal trennya udah agak redup?


Sebenarnya, kita juga bukan band post-hardcore, sih. Meskipun tren genre yang mainkan katanya mungkin sudah meredup, tapi kami tetap memilih jalur seperti ini sebagai bagian dari identitas musik kami. Sebagai band, kami ingin memberikan warna yang berbeda dalam setiap lagu yang kami ciptakan. Kami tidak terpaku pada satu genre saja, dan kami percaya netizen dan pendengarlah yang seharusnya menilai genre musik kami.

Terakhir, bisa gak sih kita ngeband pas umur udah diatas 25 tahun keatas?

Banyak yang bertanya, apakah masih memungkinkan untuk menjalani band di usia di atas 25 tahun. Kami yakin, usia bukanlah penghalang untuk berkreasi dan bermusik. Winter Falls sendiri telah berdiri sejak tahun 2009, dan kami bahkan memiliki anggota yang telah mencapai usia kepala tiga puluhan. Bagi kami, yang penting adalah menjaga kualitas musik dan menyempatkan waktu untuk bermain bersama.

Jadi, bagi generasi muda di usia 20-28 tahun, pesan kami adalah bahwa waktu luang memang tidak selalu mudah didapat, tetapi jika kamu memiliki niat dan semangat, kamu bisa meluangkan waktu yang ada untuk mengejar passionmu. Seperti pepatah mengatakan, “Mangkanya kita menyempatkan waktu.” Waktu luang mungkin terbatas, tapi kamu bisa membuatnya menjadi berarti dengan meluangkannya untuk hal yang kamu cintai.

Tonton video klip terbaru Winterfalls yang berjudul ‘Option’ di bawah ini ya!

Tinggalkan komentar