28 Band Post-hardcore Indonesia Yang Harus Kamu Tau!

Siapa sih yang nggak suka Post-hardcore jaman sekarang? Genre ini adalah salah satu genre yang paling populer di Indonesia, bahkan di dunia sekarang. Dengan band-band yang mulai mendapat perhatian di heav dan radio mainstream (contohnya Sleeping With Sirens, Pierce The Veil, atau Of Mice & Men), penggemar post-hardcore makin banyak dan makin banyak generasi mudanya. Kita akan asumsi bahwa pembaca Paling Berisik udah ngerti lah Post-hardcore apa, jadi kita ga usah jelasin banyak-banyak (google aja sendiri), Intinya genre ini beragam juga, biasanya gabungan dari scream dan clean chorus. Tapi terkadang ada juga yang semuanya clean vocal, dan yang paling penting…. BANYAK BREAKDOWN!!

Check this out! ini adalah top post-hardcore bands tahun ini yang udah kita filter untuk kalian dengarkan!

 

1. Divide, Jakarta

DIVIDE band

Gue gak usah jelasin kan tentang band ini? kalian semua pasti udah tau dengan raksasa Post-Hardcore asal jakarta ini! Nah buat kalian yang belum sempet denger album barunya, mereka pokoknya sekarang JAUH lebih technical lagu-lagunya, bisa dibilang ada unsur-unsur progressivenya ala Protest The Hero, terutama clean vocalnya si Udanindra. Memang gokil deh nih orang, kayak Johnny Craig lokal hahaha. Dari pada gue susah-susah mendeskripsiinnya, lo pada mending dengerin lagunya  sendiri deh!

Dengarkan “Divide – Kala” 

 

2. Dead With Falera, Bandung

Dead With Falera

Dead With Falera adalah band Post-hardcore asal Bandung. Kalian semua juga udah pasti tau lah ama band ini. Walaupun DWF banyak memakai unsur-unsur techno dan trance, band ini tetep BERAT BANGET, apa lagi pas breakdownnya.

Dengarkan: Dead With Falera – Chupacabra

 

3. Colours And Carousels, Bandung

Colours And Carousels

Nah ini dia Band Post-hardcore asal Bandung yang merilis music video baru yang berjudul “Imaginary” and its so f*cking good! Vocalisnya, Aldy, scream dan nyanyinya mirip banget sama Sam Carter Architects. Screamnya kerasa ngamuk banget, dan cleannya KEREN BANGET! Kayak serek-serek tapi nada tinggi gitu! Ditambah lagi tuning gitar yang rendah sampai drop G#! jadi dapet feel Architects, While She Sleeps, BMTH, dan Northlanenya.

Dengarkan: Colours and Carousels – Imaginary

 

4. Strikebreaker, Jakarta

Screen Shot 2016-05-22 at 5.10.18 PM

Ini dia salah satu band baru yang GOKIL banget! Strikebreaker menggabungkan metalcore dan post-hardcore, intinya chorus yang sangat catchy, breakdown yang BERAT banget (well.. hampir satu lagu breakdown semua sih), dan juga screamnya gila low dan highnya sangar banget! Bisa dibilang mereka kayak Attack-attack (era-Caleb Shomo jadi vocalist) digabung dengan Asking Alexandria (era Denis Shavorostoff). Lyricnya juga galak banget lho (kayaknya vocalistnya galau banget sampe ngatain ceweknya parah banget disini).

Dengarkan: Strikebreaker – Illuminated

 

5. Nullify, Bali

Nullify

Jika kalian suka post-hardcore yang lebih lembut, ala Saosin, Hands Like Houses, Sleeping With Sirens, ataupun Emarosa, kalian harus dengerin Nullify! Band ini adalah band post-hardcore / alternative-rock emang full clean vocal semua dan suara vocalistnya, Ahmad, tinggi banget! Cathcy banget! Dan Keren! Sang vocalist juga salah satu artis Social Media Sensationnya Trans TV lho!

Dengarkan: Nullify – Chasing Reality

 

6. Undelayed, Jakarta

Undelayed

Undelayed bukan hanja post-hardcore biasa, screamer di band ini unik banget. Kalau nyanyi kayaknya sedang kesakitan gitu (cieeh galau kali ya), agak mirip suara vocalisnya Buried In Verona. Selain scream yang keren, chorus-chorus di band ini catchy banget semua! Ditambah lagi breakdown yang BERAT banget!

Dengarkan: Undelayed – Presence

 

7. SLAPITOUT, Palangkaraya

Slap It Out
Best. F*cking. Band. Ever!! Slap It Out bisa dibbling BMTH versi Indonya, dan KEREN BANGET! Terutama vocalistnya, Faizal, suaranya serek banget kalau lagi nyanyi, tapi catchy juga! Seakan-akan kita lagi dengerin Oli Sykes lagi nyanyi. Ditambah lagi breakdown yang gila nendang banget! Saking kerennya gue ampe ga tau mau nulis apa lagi, dengerin sendiri aja lah!

Dengarkan: Slap It Out – False Crown

 

8. Paniki Hate Light, Makassar

Paniki Hate Light

Band paling keren dari Makassar! Paniki Hate Light menggabungkan instrumental yang berat banget, scream yang ngamuk banget, tetapi mereka juga memiliki chorus clean vocal dengan nada TINGGI yang catchy banget! mereka juga banyak memakai synth ala Asking Alexandria dan Attack Attack jaman dulu! Yup, these guys are bringing the whole techno thing back again! Harus dengerin deh!

Dengarkan: Paniki Hate Light – Survival

 

9. SIDESWIPE, Bandung

Sideswipe

Mungkin ini band mempunyai chorus yang paling catchy kami pernah dengar di tahun 2015 sampai 2016. Lagu-lagu dari sideswipe penuh dengan breakdown yang berat banget, tapi yang buat kerennya lagi adalah sewaktu sampai chorus mereka sering ganti tangga nada ke mayor! Ditambah strings orchestral dibelakangnya, buat mood jadi seneng deh! Kalau mau lebih gampang di deskrispsikannya, mereka adalah Woe Is Me (Era Gene[s]is) dari Bandung. Salah satu band favorit kami semua di Paling Berisik!

Dengarkan: SIDESWIPE – Drama

 

10. Theatricalogy, Sukabumi

Theatrical Thorns

Theatrical Thorns basically adalah The Devil Wears Prada (era- With Roots Above and Branches Below) versi Sukabumi! Mereka juga opening actnya TDWP pas manggung di Jakarta lho! Chorusnya catchy banget, sekali gue dengerin lagunya langsung nyangkut berbulan-bulan. Nah yang lebih kerennya lagi, pada lagu mereka yang berjudul Fragments featuring bareng Saud Ahmed dari Crimson Armada / Holy Guille, dan doi ngerap sambil di scream! Kayak Attila gitu! GOKIL DEH!

Dengarkan: Theatricalogy – Fragments

 

11. Sebuah Tawa Dan Cerita, Surabaya

Sebuah Tawa Dan Cerita STDC

STDC adalah jagoan Post-Hardcore asal Surabaya. Mereka mungkin band Post-hardcore yang memiliki khas clean vocal yang paling unik di dunia! Nyanyinya banyak vibratonya, dan catchy banget juga melodynya. Musik mereka keren, banyak efek-efek electronicnya, dan juga penuh dengan breakdown. Bisa dibilang ini kayak Woe Is Me versi Surabaya! Gokil!

Dengarkan: Sebuah Tawa Dan Cerita – The Wings

 

12. Sunrise, Jakarta

Sunrise

Nah kan si Putra Pra Ramadhan baru keluar dari Killing me inside, tapi kalau kalian udah kangen ngeliat atau ngedenger dia ngegebuk drum, kalian bisa dengerin Sunrise! Band asal Jakarta ini keren banget! Mereka ngegabungin unsur post-hardcore jaman sekarang yang banyak banget breakdownnya, tapi vocalnya ngikutin post-hardcore era 2006an, yang nyanyinya tinggi banget (kayak vocalist emo ala Chiodos, From First To Last, Hopes Die Last, Alesana gitu). Keren banget sih! Misi mereka juga ingin membuat EMO keren lagi!

Dengarkan: “Sunrise – First Years”

 

13. Malice In My Veins, Bandung

Malice In My Veins

Malice in My Veins beda dari yang lain, karena mereka lebih banyak clean vocalnya! dan suaranya BAGUS banget! Disini ada 2 vocalist, satu suaranga tinggi banget kayak Kellin Quinn, yang satu lagi kayak vocalist-vocalist band rock mainstream, tapi musik di belakangnya mainin instrumental post-hardcore. Keren banget deh! Musik mereka seunik Closure In Moscow, I Am Abomination, I The Mighty, ataupun Crown The Empire, kamu pasti suka band ini!

Dengarkan: Malice In My Veins – Neuralgia

 

14. Chariot On Fire, Bogor

Chariot On Fire

Chariot On Fire adalah band Bogor yang penuh dengan breakdown! Chorus mereka catchy banget juga lho! Mereka menggabungkar riff post-hardcore yang penuh dengan open strings dan juga riff metalcore yang melodic. Keren banget deh!

Dengarkan: Chariot On Fire – Fatamorgana

 

15. Makan Di Warung, Bali

Makan Di Warung MDW

Sepertinya band ini suka banget dengan kuliner khas Bali yah. Tapi jangan biarkan namanya yang kocak buat kalian anggap remeh band ini, lagu-lagu mereka keren banget! Terutama screamernya, unik banget suaranya dan galak banget juga!

Dengarkan: Makan Di Warung – Ajal Arogansi

 

16. Velhinha, Jakarta

Velhinha Bebas

VELHINHA, Band Post-Hardcore asal Jakarta ini baru saja merilis lagu baru berjudul “BEBAS” dan gila keren banget! Kali ini, Velhinha menjauh dari ciri khas lagu-lagu lamanya yang banyak memakai efek-efek electronic (Seperti Asking Alexandria, Attack Attack!, ataupun I See Stars), dan mereka mengeksloprasi genre Post-hardcore yang jauh lebih berat dan energetic. Bukan hanya lebih berat saja, kali ini Screamer, Troy Adi Woo kedengaran jauh lebih ngamuk, dan juga Clean Vocalist, August, mengambil melody yang sangat Catchy banget! denger sekali aja langsung nyangkut di kepala seharian, ditambah lagi breakdown di menit 2:53, sadis banget ampe celana gue basah.

Dengarkan: Velhinha – Bebas

 

17. With This Fake, Bali

With This Fake

Nah ini dia The Devil Wears Pradanya Bali!!! Screamer disini suaranya SAMA PERSIS SAMA MIKE HRANICA! Dan lagunya keren-keren banget, penuh breakdown, dan juga vibesnya energetic bikin pingin nonjok tembok. Mungkin bisa kami bilang ini adalah.. “The Leak Wears Prada”, dengan vocalist “Made Hranica”.

Dengarkan: With This Fake – Sacrifice

 

18. Crushed Of Flower, Malang

Crushed of flower

Gue biasanya kasi referensi band yang gue liput kedengerannya seperti apa. Tapi untuk Crushed Of Flower nggak bisa, they don’t f*cking sound like anyone else, mereka bener-bener GAME CHANGER! and we f*cking love them. Screamer disini gila keren banget, kalau boleh mungkin dia suaranya mirip Kyo dari Dir En Grey. Gila ini band kacau banget kerennya.

Dengarkan: Crushed Of Flower – Father

 

19. My Alkyvashka, Depok

My Alkyvashka

My Alkyvashka adalah post-hardcore asal Depok yang keren banget! Jika kalian penggemar band-band Post-hardcore banyak breakdownnya dan digabung dengan clean vocal yang nadanya tinggi-tinggi seperti Of Mice & Men, Asking Alexandria, Myka Relocate, We Came As Romans!

Check out music video mereka: My Alkyvashka – Your Existence

 

20. Sequel Of Sunday, Jakarta

'

Sequel of Sunday adalah band Post-hardcore / Metalcore dari Jakarta. Musiknya mereka keren banget buat band bergenre seperti ini karena mereka lebih berat dan DARK!!! Bayangkan saja feel dan breakdown seperti The Plot In You, tapi digabung dengan clean vocal yang tinggi dan merdu seperti Dayshell!

Dengarkan: Sequel Of Sunday – Passive Demise

 

21. My Project Never Die, Banjarmasin

My project never die

Band asal Banjarmasin ini memberikan vibes seperti post-hardcore era-era 2009an yang banyak memakai synth, seperti Attack Attack, Asking Alexandria, atau I See Stars. Keren banget deh! Lagu-lagunya juga banyak chorus clean vocal yang catchy! Dan screamernya sangar banget Lownya! dan highnya juga ngeri banget! agak nge-Deathcore gitu.

Dengarkan: My Project Never Die – Will Never Die

 

22. Cemetery Dance Club, Jakarta

Cemetery Dance Club 1

Cemetery Dance Club adalah band Jakarta yang unik banget! Dibalik penampilannya yang super Hypebeast dan penuh dengan tato, mereka juga membuat memainkan musik yang keren! Secara drummernya juga drummer NOXA dan juga mereka ada DJ terkenal yaitu ROY! Jadi synth synth mereka gokil banget deh!

Dengarkan: Cemetery Dance Club – Mischief & Vanity

 

23. Crusader, Samarinda

Screen Shot 2016-07-02 at 12.29.24 AM

Jagoan Post-Hardcore dari Samarinda! Bedanya dengan post-hardcore lainnya, screamer disini banyakan pakai high semua! Jadi agak ada feel deathcorenya sedikit karena vocalnya. Yang buat lebih keren lagi, drummernya cewek! Dan dia sangar banget!

Dengarkan: Crusader – Disappointment

 

24. Save My Melodic, Bandung

Save My Melodic

Galak, Sangar, Energetic, itulah kata-kata yang gue pilih untuk mendeskripsikan Save My Melodic. Lagu mereka penuh dengan breakdown yang EPIC banget, langsung pingin moshing. Chorusnya juga keren banget! Jika kalian fans Thats Outrageous, Woe Is Me,

Dengarkan: Save My Melodic – Revolutions

 

25. Legacy Of Athena, Batam

Legacy Of Athena

Chorus yang catchy, riff gitar catchy, penuh dengan unsur-unsur symphonicnya dan juga synthnya! Keren banget deh ini band Batam. Jika kalian fans band-band seperti Memphis May Fire, Divide, atau STDC. Kalian akan suka Legacy of Athena!

Dengarkan: Legacy Of Athena – Rebellion

 

26. Close Me Closet, Jakarta

Close Me Closet

Salah satu band yang keren banget dari Jakarta! Gue bilang keren banget karena clean vocalnya unik! Dia suka masuk-masukin scream yang bermelodi, agak seperti Shayley Bourget (Dayshell, ex-Of Mice & Men). Gokil banget deh!

Dengarkan: Close Me Closet – For Anything We Want

 

27. For Revenge, Bandung

For Revenge

INI DIA!! Salah satu band Post-hardcore paling top sampai saat ini juga! Setelah For Revenge sempet mengalami hiatus yang cukup lama karena keluarnya Boniex, band ini sedang proses rekaman vocalist barunya, yaitu OZO UTOMO (Ex Duette dan S.I.R.A), and he’s f*cking awesome with the band. Suaranya juga gak kalah tingginya, plus doi juga sering ngescream di band lamanya. Tapi untuk saat ini lagu-lagu mereka masih suaranya boniex! Cant wait though!

Dengarkan: For Revenge – The Wall

 

28. Killing Me Inside, Jakarta

KILMS

Kalian semua pasti udah tau lah dengan jagoan emo/post-hardcore/alternative rock dengan vocalist yang SUPER IMUT ini. Jadi gue ga usah komenin banyak-banyak yah tentang Killing Me Inside. Mereka juga baru rilis music video untuk Hilang! sayangnya… drummernya juga sudah “Hilang”…

Dengarkan: Killing Me Inside – Hilang

 

Emang Post-hardcore ga akan bikin bosen deh!

kellin

 

Jangan Lupa Follow Akun Social Media Kita!

subscribe2

instapb

FESBUKPB

twitterpb2

Suka Artikel ini? Check this out!

Drummer Baru Killms

Putra Keluar Killing Me Inside

Screen Shot 2016-05-19 at 8.17.34 PM

Screen Shot 2016-05-23 at 11.19.02 PM

Screen Shot 2016-05-28 at 12.02.24 PM

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar