21 Band METALCORE Indonesia Yang Harus Kamu Tau!

Share Artikel Ini!

Genre ini emang salah satu subgenre dari Metal yang paling populer di Indonesia bahkan dunia! Metalcore adalah gabungan dari Hardcore dan Metal. Ciri khas musik ini adalah vocal scream yang biasanya ada di mid, gitar melody yang penuh dengan palm mutingnya, breakdown, dan juga sering ada chorus mengandung clean vocal. Dengan munculnya band seperti Bullet For My Valentine, Atreyu, Killswitch Engage, dan As I Lay Dying, genre ini sudah mulai gampang di terima di kuping orang, bahkan di media mainstream. Dan band-band lokal kita gak kalah kerennya! Paling Berisik sudah shortlist band-band METALCORE DARI INDONESIA yang kamu harus tau! Check this out!

 

1. Karat, Malang

KARAT

Karat adalah band Metalcore asal Malang yang baru muncul tahun 2015. Tapi walaupun baru, mereka SANGAR BANGET! Musik mereka sangat melodic, agak mengingatkan kami dengan Heaven Shall Burn  bahkan sampai ke Lamb Of God era “Ruins”, tapi mereka juga menyentuh aspek modern dengan Breakdown. Bentar lagi mereka juga akan launching albumnya lho!
Dengarkan: Karat – Luka

 

2. Datch Of Marthyns, Bandung

datch of marthyns

Datch Of Marthyns, band Metalcore asal Bandung ini baru saja merilis music video pertama mereka berapa bulan yang lalu, dengan lagu yang berjudul “Naildown”. Dan kali ini, sang vocalist, Giovanny mencoba skill vocal baru, yaitu menyanyi clean dengan suara yang SEREK BANGET! Ala While She Sleeps, Bring Me The Horizon, dan Bad Omens, and he f*cking nailed it. Bukan hanya suaranya saja yang bagus banget, tapi chorusnya juga catchy banget, pasti langsung keinget deh.

Secara instrumental, mereka juga beda banget sama band lokal lainnya, gitarnya sangat simpel dan straight forward banget, penuh dengan power chord. Kedengaran sekali influence dari WSS dan Beartoothnya.

Dengarkan: Datch Of Marthyns – Naildown

 

3. Distruggere,Jakarta

Distruggere

Disgruggere adalah salah satu jagoan metalcore dari Jakarta. Mereka menggabungkan note yang melodic digabung dengan banyak power chords (Agak-agak khas Unearth), tetapi mereka juga banyak unsur modernnya seperti breakdown dan juga chorus dengan clean vocal. Yang menurut Paling Berisik keren banget dari band ini adalah vocalistnya! Scream Midnya kayak orang ngamuk!

Dengarkan: Distruggere – Inkarnasi Serigala

 

4. Determiner, Jakarta

Screen Shot 2016-08-26 at 9.28.57 PM

ENERGETIC AS F*CK! Tempo yang kenceng, breakdown berat, melody guitar yang enak, drum penuh blast beat, dan juga screamer yang NGAMUK BANGET! Setiap gue denger band ini, gue rasanya pingin banget moshing. Jika kalian fans Metalcore yang lebih melodic dan penuh dengan breakdown seperti Miss May I, The Crimson Armada, Texas In July, dan Feed Her To The Sharks, kalian pasti suka dengan Determiner!

Dengarkan: Determiner – Anathema

 

5. Infinitas Mortem, Jakarta

Infinitas Mortem

Yang buat Infinitas Mortem masuk disini adalah keunikan mereka, they basically don’t sound like anyone else. Walaupun komposisinya juga gitar melodic dan juga breakdown, mereka banyak memakai note yang kami belum pernah dengar di Metalcore biasanya, dan juga, chorus mereka disini pakai scream bukan clean…. dan musik dibelakang maininnya open string semua. GOKIL DEH! Plus, konsep music video mereka juga keren banget, menunjukkan kebahayaannya narkoba dan juga bisnis seks (Agak mirip seperti konsep video To The Stage dari Asking Alexandria). Selain keren, video clipnya juga seksi lho.. jadi jangan nonton di sekolah atau di kantor ya!

Dengarkan: Infinitas Mortem – Kau

 

6. Parau, Bali

Parau

METALCORE PALING SANGAR DI BALI! Parau bener-bener salah satu band Metalcore paling HEAVY yang kami pernah dengar, terutama karena temponya yang cepat, dan juga vocalistnya suranya gahar banget, kayak orang ngamuk. Sekali lagi, mereka bukan hanya memproduksi musik yang keren dan enak di denger, lyricnya juga sangat peduli dengan alam. Band-band Bali emang pencinta dunia banget!  Salut!

Dengarkan: Parau – Otoritas Apatis

 

7. Crow Dead IQ, Lampung

Crow Dead IQ

Band yang ga ada duanya, Crow Dead IQ memiliki sound yang beda dari metalcore lain. Mereka bank influence Groove Metalnya, kayak Lamb Of God, tapi garis Metalcore mereka sangat keras. Yang buat paling mantap adalah Vocalistnya! kalau nyanyi kayak kesurupan! Dan screamnya SANGARR banget! kedengaran kayak pakai seluruh tenaga suaranya, terutama pas chorusnya. Dengerin aja sendiri lagunya!

Dengarkan: Crow Dead IQ – Instigator

 

8. Octopus, Bandung

Octopus

Bandung emang gila deh scene musik kerasnya. Salah satu yang harus kalian tau adalah Octopus! Mereka memainkan metalcore yang agak lebih modern, dan influence post-hardcorenya juga masih kentel. Kalau denger instrumentalnya, mereka agak keinfluence keras dengan While She Sleeps, Bury Tomorrow, I The Breather, minimalis melodi gitarnya, tapi penuh dengan breakdown sangar. Nyanyi clean mereka juga agak serek-serek gitu suaranya, keren deh!

Dengarkan: Octopus – Wolves

 

9. Sweet Of Your Voice, Jakarta

Sweet Of Your Voice

Mereka menggabungkan Metalcore dengan influence post-hardcore yang kentel, tapi gila keren banget! Mereka juga memainkan Metalcore era 2010an, memiliki influence Miss May I yang keras, tapi yang buat kerennya adalah clean vocalistnya cewek! dan suaranya merdu banget!. Mantap deh kalian harus dengar.

Dengarkan: Sweet Of Your Voice – Hilang Tak Bernyawa

 

 

10. From Hell To Heaven, Gorontalo

Screen Shot 2016-08-02 at 5.36.46 PM

From Hell To Heaven adalah band Metalcore asal Gorontalo dengan screamer cewek! dan dia (Adezta Apriyani) SANGAR BRO! Suaranya ngamuk banget. Nah mereka baru aja rilis music video perdana mereka yang berjudul “Hoax”, dan itu keren banget! Walaupun mereka bermula dengan genre Deathcore, lagu kali ini lebih kerasa metalcorenya. Breakdown semua isinya, vocalnya lebih kayak orang marah-marah, dan terutama mereka ada chorus yang catchy banget! (Scream semua lho ga ada cleannya).

Jika kalian suka musik yang penuh dengan chugs dan breakdown seperti Emmure, The Acacia Strain, ataupun For Today, kalian harus dengerin band cadas ini! Check this out!

Dengarkan: From Hell To Heaven – Hoax

 

11. Mom Called Killer, Bali

Mom Called Killer

Selain Parau, Mom Called Killer juga salah satu jagoan Metalcore dari Bali! Musik mereka lebih ke metalcore era 2000an, seperti Unearth, Killswitch Engage, dan mengguanakan Clean Chorus ala As I Lay Dying. Harus dengerin deh!

Dengarkan: Mom Called Killer – Lentera Tragedi

 

12. Amozart, Jakarta

AMOZART

Amozart adalah metalcore yang agak lebih modern. Lagu mereka penuh dengan breakdown, dan ditambah clean vocal yang sangat catchy! suaranya juga serek-serek gitu. Gokil deh nih band, pasti pingin mosh langsung kalo denger, apa lagi pas breakdown terakhirnya!

Amozart – Idiocy 

 

13. Jimjack, Pekanbaru

Jimjack

Jimjack adalah band yang kerennya bukan main! Mereka sangat terinfluens oleh Burgerkill, dan kedengeran banget dari instrumental dan ciri khas screamnya (Santai woi, influens bukan berarti nyontek). Lagunya bener-bener energetic banget, dan beda dari band lain, di bagian akhir lagunya mereka “Melingkar Bakar / Weedyanto Kushnaedi”, tiba tiba ada part yang agak nge southern rock gitu! Keren deh!. Dari nama band mereka, kami sudah bisa menebak minuman favorit mereka, dan dari lagu mereka kami sudah bisa nebak, hari favorit mereka mungkin adalah 20 April.

Dengarkan: Jimjack – Melingkar Bakar / Weedyanto Kushnaedi

 

14. Sunday Sad Story, Semarang

Sunday Sad Story

Band Metalcore paling keren di Semarang. Sunday Sad Story memiliki banyak melodi gitar yang asik dan juga breakdown, seperti Miss May I. Tetapi mereka mempunyai chorus clean yang agak lebih classic, melodi dan suara vocal yang diambil terinfluens dari band-band Metalcore jaman 2000an seperti Killswitch Engage dan As I Lay Dying. KEREN ABIS!

Dengarkan: Sunday Sad Story – Confession

 

15. Helios, Bandung

Helios

Helios adalah band Bandung yang BERAT BANGET! Temponya kenceng, breakdownnya sadis, dan vokalisnya ngamuk banget. Feel musiknya disini juga dark banget, gue ampe bingung mau bandingin ama band apa, memang unik banget deh.

Dengarkan: Helios – Inversi

 

16. Beside, Bandung

BESIDE

Beside emang salah satu band paling terkenal dan kontreversial di Bandung! Jika kalian belum tau, salah satu kontreversi mereka adalah judul lagu mereka yang berjudul “Aku Adalah Tuhan” dan “Dosa Itu Sahabat”. But who cares?! Musik mereka gokil banget! Mereka memainkan Metalcore yang agak lebih oldschool feelnya.

Dengarkan: Beside – Aku Adalah Tuhan

 

17. I Punch Werewolf, Bekasi

I Punch Werewolf

Kalo main gulat bersama beruang kurang greget, ini band nonjokin werewolves! IPW adalah band asal Bekasi yang GA ADA DUANYA! Musiknya ga ada struktur, beda banget dari yang lain. Walaupun ga ada struktur, tapi tetep metalcore (bukan mathcore), jadi feel ngamuknya masih dapet. Vocalistnya juga gila sangar banget suaranya!

Dengarkan: I Punch Werewolf – Distorsi Ambisi Pribadi

 

18. Bloody Black Voodoo, Bekasi

12310515_924012137654365_756274836570316774_n.jpg

Bloody Black Voodoo adalah band Metalcore asal Bekasi yang sangat baru. Walaupun band baru, lagu-lagunya gokil! Jika kalian suka dengan metalcore dengan chorus clean vocal yang catchy ala Miss May I, I Killed The Prom Queen, In Hearts Wake, kalian harus dengerin band ini!

Dengarkan: Bloody Black Voodoo – Tutur Sang Pembual

 

19. Next Me Zhanalena, Medan

Next Me Zhanalena

Next Me Zhanalena adalah band Metalcore Medan yang keren banget! Breakdown keras, melody guitar catchy, gonta ganti tempo, dan lebih keren lagi pengambilan nada clean sang vocalist. Sewaktu chorus, dia langsung ganti tangga nada suaranya! Gila, jadi ada feel seperti Avenged Sevenfold era Waking The Fallen.

Dengarkan: Next Me Zhanalena – Apocalypse

 

20. Fornicaras, Magelang

Fornicaras 2

Nah ini dia jagoannya Magelang! Fornicaras memainkan lagu metalcore yang sangat melodic, tapi juga PENUH dengan breakdown! Lagu-lagu mereka mengingatkan kami dengan band seperti August Burns Red, Texas In July, ataupun Miss May I.

Dengarkan: Fornicaras – Remorse

 

21. Burgerkill, Bandung

Burgerkill 2

YA PASTI INI THE BEST LAH. Burgerkill emang band Metalcore paling legendaris dan paling terkenal di Indonesia! Bahkan Asia! BAHKAN SELURUH DUNIA! Mereka sudah sering tour seluruh dunia, dan juga mereka sudah memperoleh “METAL AS F*CK AWARD” waktu di Golden Golds Awardsnya Metal Hammer. Burgerkill juga sudah berjalan selama hampir 21 tahun (Yup band ini lebih tua dari umur sebagian pembaca website ini hahaha).

GIMANA GAK THE BEST! Wali Kota Bandung aja ngefans ama band ini:

Ridwan Kamil Burgerkill

BAHKAN PRESIDEN AJA SUKA BANGET

“Saya gak kenal boyband… kalau Burgerkill saya tau” – Jokowi

Sayangnya, Abah Andris, drummer baru keluar tahun ini, dan sepertinya sudah ada calon penggantinya nih!

Putra Pra Ramadhan! Drummer ex-Killing Me Inside yang bener-bener paling handal di Indonesia. Sepertinya Putra ada dimana-mana, kami pernah melihat dia jadi additional Modern Guns (Melodic Hardcore), Crows As Divine (Deathcore), Last Goal Party (Post-hardcore/easycore), Pee Wee Gaskins (Pop Punk), dan juga bandnya sendiri KILMS & Sunrise. TAPI!!! KALI INI DIA MAIN DI BAND METALCORE PALING GEDE DI ASIA, BURGERKILL!!

Gokil kan?

Bagaimana menurut kalian? Apakah Putra bakal jadi drummer permanen BURGERKILL?

Stay tuned to find out!

Jangan Lupa Follow Akun Social Media Kami!

subscribe2

instapb

FESBUKPB

twitterpb2

Suka Artikel ini? Check this out!

Screen Shot 2016-07-04 at 1.50.13 AM

Screen Shot 2016-05-19 at 8.17.34 PM

Screen Shot 2016-05-23 at 11.19.02 PM

Screen Shot 2016-05-28 at 12.02.24 PM

 

Kami adalah…

Share Artikel Ini!

Leave a Reply